Departemen AFF bersama-sama dengan Departemen lain di lingkungan Fakultas Kedokteran Hewan-IPB menyelengarakan pendidikan program sarjana dengan mayor:  Kedokteran Hewan. Sebagai bagian dari Program Sarjana Kedokteran Hewan (SKH) dan Program Pendidikan Dokter Hewan (PPDH) , matakuliah yang ada di Departemen AFF merupakan satu kesatuan dari kurikulum SKH maupun PPDH. Berikut ini deskripsi singkat mata-matakuliah yang diselenggarakan oleh Departemen AFF:

No Kode Nama Matakuliah Bobot SKS Prasyarat Semester
1. AFF211 Anatomi Veteriner I 3(2-3) BIO100 3 (Ganjil)
2. AFF212 Histologi Veteriner I 2(1-3) BIO100 3 (Ganjil)
3. AFF213 Embriologi dan Genetika Perkembangan 3(2-3) BIO100 3 (Ganjil)
4. AFF214 Anatomi Veteriner II 3(2-3) AFF211 4 (Genap)
5. AFF215 Histologi Veteriner II 2(1-3) AFF212 4 (Genap)
6. AFF221 Fisiologi I 3(3-0) BIK201 4 (Genap)
7. AFF222 Fisiologi II 3(2-3) AFF221 atau bersamaan 4 (Genap)
8. AFF311 Anatomi Topografi 3(2-3) AFF214 5 (Ganjil)
9. AFF331 Farmakologi I 2(2-0) AFF222 5 (Ganjil)
10. AFF332 Farmakologi II 3(2-3) AFF331 6 (Genap)
11. AFF431 Toksikologi Veteriner 2(1-3) AFF332 7 (Ganjil)

 

AFF 211  Anatomi Veteriner I

Matakuliah ini menjelaskan tentang sistem lokomosi hewan, struktur fungsional neuron, susunan syaraf pusat, susunan syaraf perifer dan susunan syaraf otonom. Selain itu juga akan dibahas mengenai integumentum communae yang meliputi kulit dan kuku serta derivatnya, serta organ indera yang meliputi mata, telinga, hidung dan lidah.

C. Nisa’ & Staf Bagian AHE

           Download Jadwal Kuliah/Praktikum Semester Ganjil 2011/2012

                               Bahan Praktikum: Osteologi dan Miologi Veteriner

 —–

AFF 212  Histologi Veteriner I

Matakuliah ini menjelaskan dasar histologi dan metode-metode pendekatan yang digunakan dalam mempelajari histologi terutama struktur dan komponen-komponen pembentuk jaringan organ dan sistem organ tubuh seperti sel, jaringan epitel, jaringan ikat, jaringan lemak, tulang dan tulang rawan, darah, otot dan syaraf.

A. Winarto & Staf Bagian AHE

—– 

AFF 213 Embriologi dan Genetika Perkembangan

Matakuliah ini menjelaskan proses perkembangan hewan serta asal-usulnya, mulai dari pembentukan gamet (gametogenesis), pembuahan (fertilisasi), perkembangan embrio (embriogenesis) dan perkembangan struktur dan fungsi organ (organogenesis) dalam suatu sistem tubuh yang meliputi sistem-sistem: syaraf, sirkulasi, limfatik dan kekebalan, urogenitalia, pencernaan, pernafasan, perkembangan daerah kepala, integumentum dan organ sensoris. Disamping itu, dibahas pula pengaruh genetika dan faktor-faktor lain terhadap perkembangan normal dan abnormal. Praktikum makroskopis dan mikroskopis diberikan untuk menunjang pemahaman setiap pokok bahasan.

I. Djuwita & Staf Bagian AHE

          Download Jadwal Kuliah/Praktikum Semester Ganjil 2011/2012

                                Bahan Kuliah:    O1. Pendahuluan 2011

                                                                 02. Pembelahan Sel dan Kromosom serta Gametogenesis 2011

 —–

AFF 214 Anatomi Veteriner II

Matakuliah ini menjelaskan anatomi organ-organ tubuh hewan piara yang meliputi organ sirkulasi darah dan limfe, respirasi, pencernaan, genitalia dan urinari, endokrin. Sistem organ unggas dijelaskan secara khusus karena kekhasannya.

S. Novelina & Staf Bagian AHE

 —–

AFF 215 Histologi Veteriner II

Matakuliah ini menjelaskan pengertian dasar organologi; histologi organ-organ penyusun sistem dalam tubuh seperti sistem-sistem: sirkulasi, limfatik dan kekebalan, respirasi, pencernaan, urinaria, reproduksi, endokrin serta integumentum, mata dan telinga.

T. Wresdiyati & Staf Bagian AHE

 —–

AFF 221 Fisiologi I

Matakuliah ini menjelaskan fungsi dasar dan konsep sel serta prinsipnya dalam sistem kontrol biologis melalui pembahasan berbagai sistem faali hewan ternak dan hewan piara. Perkuliahan diawali dengan pembahasan organisasi fisiologi, fisiologi sel, system syaraf, system indera, fisiologi otot, endokrin, darah, kardiovaskuler dan sistem sirkulasi. Pada setiap topik akan disertakan juga pembahasan mengenai penyimpangan fungsi faal yang akan mengakibatkan kejadian suatu penyakit ataupun gangguan.  Pada akhir perkuliahan, mahasiswa dapat mengintegrasikan semua topik yang didapat dan menjadi dasar pada ilmu kedokteran.

H. Maheshwari & Staf Bagian Fisiologi

 —–

AFF 222 Fisiologi I

Matakuliah ini menjelaskan system respirasi, system pencernaan, metabolisme dan system ekskresi. Pada akhir perkuliahan, mahasiswa dapat mengintegrasikan semua topik yang didapat dan menjadi dasar pada ilmu kedokteran.

H. Maheshwari & Staf Bagian Fisiologi

 —–

AFF 311  Anatomi Topografi

Matakuliah ini menjelaskan anatomi topografi unsur-unsur atau organ-organ tubuh terutama pada daerah kepala dan leher, kaki depan dan kaki belakang hewan piara khususnya pada kuda dan anjing.

Nurhidayat & Staf Bagian AHE

          Jadwal Kuliah/Praktikum Semester Ganjil 2011/2012

          Kontrak Perkuliahan Semester Ganjil 2011/2012

 —–

AFF 331  Farmakologi I

Matakuliah ini menjelaskan dasar-dasar pengetahuan mengenai obat secara umum; cara kerja obat terhadap sistem dan organ (farmakodinamik); nasib obat didalam tubuh (farmakokinetik) dan interaksi obat sebagai landasan untuk memilih obat yang akan digunakan secarafek toksiknya.

M. Rahminiwati & Staf Bagian Farmakologi dan Toksikologi

 —–

 AFF 332  Farmakologi II

Matakuliah ini menjelaskan dasar-dasar kemoterapi yang dilanjutkan dengan obat-obatan kemoterapetika seperti antimikroba, antiparasit, antineoplasma, imunofarmakologi; bahasan tentang beberapa racun yang penting; serta penggunaan obat-obatan secara terapetik di bidang veteriner dan peternakan seperti pemacu pertumbuhan, penyerentakan birahi dan sebagainya.

M. Rahminiwati & Staf Bagian Farmakologi dan Toksikologi

—– 

 AFF 431  Toksikologi Veteriner

Matakuliah ini menjelaskan dasar-dasar toksikologi; keracunan bahan kimia; keracunan tanaman; keracunan pestisida; keracunan bahan makanan; racun metalloid dan bahan radio aktif; bahan karsinogenik dan teratogenik; toksikologi lingkungan dan peraturan perundangan bahan beracun.

A. Soetisna & Staf Bagian Farmakologi dan Toksikologi

—–