Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi (AFF) merupakan salah satu dari tiga departemen di Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang berkewajiban melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Departemen AFF di tingkat sarjana (S1) melayani mata-mata kuliah praklinik dari program studi kedokteran hewan yang ada di fakultas. Selain itu, Departemen AFF memiliki 2 program studi pascasarjana yang bernaung di Sekolah Pascasarjana IPB, yaitu Prodi Ilmu-ilmu Faal dan Khasiat Obat untuk S2 dan S3, serta Prodi Anatomi dan Perkembangan Hewan untuk S2. Seluruh program studi di Departemen AFF telah terakreditasi oleh BAN PT.

Di bidang penelitian, Departemen AFF memiliki dosen-dosen dan staf laboran yang profesional dengan cakupan penelitian sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing. Penelitian meliputi ranah eksplorasi, eksperimental, perekayasaan biologis, serta berbagai uji biologis baik untuk kepentingan riset pada hewan maupun pada manusia dan lingkungan.

Di bidang pengabdian kepada masyarakat, Departemen AFF senantiasa melakukan kerjasama serta ikut peran serta di dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan terutama terkait dengan disiplin keilmuan. Bidang pengabdian bisa meliputi penyuluhan, pemeriksaan, nara sumber, pelatihan, dan yang lainnya.