Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana APH dan IFO Hadiri Seminar Nasional di Kupang, NTT

IMG_0080Beberapa dosen dan mahasiswa dari Departemen Anatomi, Fisiologi, dan Farmakologi (AFF) telah menghadiri Seminar Nasional tentang one health di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Seminar mengambil tema “Sinergi Pembangunan Wilayah Lahan Kering sebagai Kawasan Pendukung Pangan dan Pariwisata Berwawasan One Health”. Seminar tersebut berlangsung pada tanggal 25 Oktober 2016, bertempat di Hotel Aston, Kupang.

Seminar nasional tersebut berupaya untuk mengkoordinasikan berbagai disiplin ilmu dan stakeholder untuk mengembangkan potensi wilayah kering yang menjadi ciri khas Nusa Tenggara Timur. Dinas-dinas terkait di provinsi NTT turut diundang untuk saling berdiskusi dan menentukan solusi yang terintegrasi dalam perspektif one health. Berbagai pihak yang turut hadir yaitu akademisi dari FKH dan jurusan lain; Dinas Kesehatan; Badan Ketahanan Pangan; dinas Pariwisata Provinsi NTT; dan dinas Peternakan Provinsi NTT.

Kegiatan ini juga mengadakan sesi presentasi ilmiah berupa presentasi oral dan poster dari para peserta. Presetasi ilmiah ini diikuti oleh berbagai kalangan diantaranya berasal dari kalangan dosen, mahasiswa, dan peneliti dari berbagai instansi atau lembaga. Para penyaji berasal dari berbagai perguruan tinggi dan instansi di Indonesia, diantaranya Universitas Nusa Cendana, Universitas Hasanudin, Universitas Airlangga, Institut Pertanian Bogor, Klinik Hewan swasta, dan lain lain. Topik artikel ilmiah yang dipresentasikan cukup luas mulai dari ilmu kedokteran hewan, kedokteran manusia, pariwisata, pangan, klinik, dan sebagianya. Meskipun demikian, topik yang terkait dengan bidang veteriner mendominasi dalam presentasi yang dibawakan oleh para penyaji sesuai dengan yang diusung pada seminar nasional ini.

Dari Departemen AFF hadir Prof. Srihadi Agungpriyono dan Dr. Heru Setijanto, didampingi beberapa mahasiswa pascasarjana Anatomi dan Perkembangan Hewan (APH) serta Ilmu-ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO). Mereka adalah Andhika Yudha Prawira, Desrayni Hanadhita, dan Anisa Rahma. Mereka berpartisipasi sebagai penyaji makalah, dengan judul artikel yang disajikan sbb:

  1. Andhika Yudha Prawira (Andhika et al.) – Morphology of The Skin of Sunda Porcupine (Hystrix javanica),
  2. Desrayni Hanadhita (Hanadhita et al.) – Spleen Size and The Ratio of Spleen and Body Weight in Fruits Eater Bats (Cynopterus sp)
  3. Anisa Rahma (Rahma et al.) – Hematological Study in The Fruits-Eater Bat (Cynopterus sp)
  4. Didik Pramono (Pramono et al.) – Study on the Behavior of Bats (Cynopterus sp.) and Identification Level of Knowledge, Attitude and Practice of Society on the Risk of Transmission of Rabies Disease from Bats.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *