Sem Nas IAIFI Jan 2013

Seminar Nasional: Peran Ilmu Faal dalam Menghadapi Tantangan Global: Ketahanan Pangan, Kesehatan dan Lingkungan

23 Januari 2013

Latar Belakang

Globalisasi yang terjadi selama ini berdampak kuat terhadap perubahan transportasi, perekonomian, pangan, kesehatan, dan lingkungan dunia. Para Ahli PBB mengatakan bahwa planet bumi saat ini sedang menghadapi tekanan yang berat (Planet under Pressure). Banyak permasalahan yang sulit dipecahkan oleh satu disiplin keilmuan atau oleh suatu lembaga, karena masalah yang ada sudah sangat kompleks.

Permasalahan pangan, kesehatan, dan lingkungan di Indonesia merupakan contoh masalah yang sangat kompleks, sehingga tidak ada satu disiplin ilmu atau lembaga yang berani mengatakan mampu menyelesaikannya sendiri. Masalah pangan, kesehatan, dan lingkungan ini merupakan satu kesatuan yang saling berkait dan harus didekati secara holistik. Pengendalian (penyelesaian) masalah ini pada akhirnya harus mendorong para ahli untuk mampu membangun jejaring dalam menghadapi masalah yang sangat komplek ini.

Ikatan Ahli Ilmu Faal Indonesia (IAIFI) merupakan organisasi profesi yang telah berdiri sejak tahun 1964. Sampai saat ini keanggotaan IAIFI tersebar di seluruh Indonesia, berasal dari para ahli ilmu faal (fisiologi) manusia, olahraga, hewan, dan tumbuhan. Jejaring IAIFI yang ada pada lingkup perguruan tinggi adalah kerjasama dan komunikasi antara Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Peternakan, Fakultas Farmasi, Fakultas Biologi, dan Fakultas Pertanian di seluruh Indonesia.

Melihat potensi yang ada di IAIFI ini, maka sudah menjadi kewajiban organisasi ini untuk mengambil peran penting dalam menghadapi masalah komplek tersebut. Oleh karena itu IAIFI Cabang Bogor bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) berkeinginan untuk membangun jejaring dan pertemuan ilmiah para ahli ilmu faal di Indonesia dalam bentuk Seminar Nasional dengan tema: “Peran Ilmu Faal dalam Menghadapi Tantangan Global: Ketahanan Pangan, Kesehatan dan Lingkungan”.

Tujuan Seminar
1.Memberikan suatu pemahaman bersama tentang peran ilmu faal dalam menghadapi tantangan global, dengan mengangkat isu pokok yaitu: ketahanan pangan, kesehatan dan lingkungan.
2.Meningkatan kapasitas kepakaran para ahli ilmu faal manusia, olahraga, hewan, dan tumbuhan melalui sharing informasi dan diseminasi hasil-hasil penelitian.

Topik Pembicara
1.Globalisasi merupakan tantangan, peluang dan ancaman bagi kesehatan masyarakat oleh Prof. Dr. Soebandrio, Sp.MK (Staf Ahli Menristek Bidang Kesehatan dan Obat, Ketua Panel Ahli Komnas Zoonosis).
2.Tantangan percepatan ketahanan pangan di era globalisasi oleh Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS (Fakultas Ekologi Manusia IPB)
3.Globalisasi merupakan tantangan, peluang dan ancaman bagi kelestarian lingkungan oleh Dr. Ir. H. Cecep Kusmana, MS (Fakultas Kehutanan IPB).

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Seminar Nasional akan dilaksanakan pada hari Rabu, 23 Januari 2013 di Ruang Mahoni, Gedung MB IPB, Jl. Pajajaran Bogor.

Pendaftaran dan Informasi
Pendaftaran dan informasi lain terkait kegiatan seminar dapat dilakukan melalui website: http://www.iaifi.org atau dapat menghubungi Sekretariat: Ronald Tarigan (081383054420) email: semnas.iaifi2013@gmail.com

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *