MoU Kerjasama Kabupaten Kutai Kartanegara dengan FKH IPB

Pada hari Selasa, tanggal 18 Oktober 2011 telah dilaksanakan pembukaan Pelatihan Juru Sembelih Halal dan penandatandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Provinsi Kalimantan Timur) yang diwakili oleh Kepala Dinas drh H Suriansyah HM dan Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang diwakili oleh Dekan Prof Dr drh I Wayan T Wibawan MS. Penandatangan ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Kutai Kartanegara, HM Gufron Yusuf, SH, MM.

Perjanjian kerjasama ini melingkupi pengembangan SDM melalui pelatihan dan pendidikan berkelanjutan bagi SDM Dinas Peternakan dan Keswan Kab Kutai Kartanenagara dalam bidang Ilmu Kesmavet, Epidemiologi Veteriner, ilmu penyakit unggas, ilmu reproduksi dan kebidanan, ilmu genetika ternak, ilmu patologi klinik hewan dan pengembangan manajemen data. Selain itu kerjasama  juga melingkupi pelatihan dan pendidikan berkelanjutan SDM Dinas Kab Kutai Kartanegara di bidang kesejahteraan hewan dan konservasi hewan lainnya, pengembangan penelitian yang menunjang bidang veteriner dan peternakan, pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan dan penerapan IPTEK bagi kedua pihak.

“Kerjasama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kutai Kartanegara dan FKH IPB sudah terjalin sejak tahun 2006 terutama dalam Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu:

– Pelatihan peningkatan kemampuan teknisi RPH pada tahun 2006, 2007, dan 2008.

– Pelatihan tentang penyakit AI pada unggas dan jaminan keamanan produk pangan asal unggas pada tahun 2006

– Pelatihan pemetaan penyakit hewan menular pada tahun 2009

– Serta pengabdian pada masyarakat yang melibatkan mahasiswa PPDH FKH pada tahun 2007” Demikian yang dijelaskan oleh Dr Drh Trioso Purnawarman, MSi, ketua panitia dalam pidato penyambutan dan pembukaan dalam acara ini. 

Sehari sebelum penandannganan ini, 17 Oktober 2011, telah pula dimulai “Pelatihan juru sembelih halal ” yang dilaksanakan di Bagian Kesmavet Departemen IPHK FKH IPB melibatkan 18 orang peserta dengan instruktur dari FKH IPB, Fapet IPB dan Halal Center IPB. Pelatihan ini  akan berlangsung sampai tanggal 21 Oktober 2011. 

Dengan penandatangan nota kesepahaman ini semoga akan semakin memperkuat dan meningkatkan kerjasama kedua belah pihak.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *