Rabuan AFF: Motivasi Meningkatkan Kinerja Tanpa “NO EXCUSE”

Meningkatkan Kinerja Tanpa “NO EXCUSE”

Untuk memaksimalkan kinerja maka tidak cukup hanya dengan kerja keras saja, atau hanya mengandalkan pengetahuan yang kita miliki, atau hanya dengan cinta saja, atau mengandalkan keberuntungan saja, melainkan yang dibutuhkan ialah “ATTITUDE”. Dengan attitude atau sikap dan perilaku yang positif akan memaksimalkan kinerja dan kehidupan setiap orang. Demikian yang disampaikan oleh Isra’ M. Noor, seorang motivator dari Metafora Training Centre yang mengisi acara Rabuan Departemen AFF.

Untuk mencapai sukses maka setiap pribadi harus mampu bekerjasama sama dengan orang lain. Bagaimanapun posisi dan jabatan, setiap orang memiliki peran penting dalam mencapai kesusksesan. Sekecil apapun peran tersebut, tetap memberi andil bagi sebuah kerjasama tim, baik itu sebagai pimpinan, dosen, laboran maupun tenaga penunjang. Tanpa perencanaan atau tanpa mengetahui kekuatan dan kemampuan setiap anggota, maka mustahil sebuah pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Sebuah permainan “Helium Stick” yang dimainkan bersama-sama menyadarkan setiap peserta tentang perlunya sebuah kerjasama tim dalam mencapai tujuan bersama.

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan. Tetapi untuk mengatasi kegagalan maka perlu selalu bersikap positif dan percaya pada kemampuan sendiri untuk melakukan evaluasi dan memperbaiki diri dan menjadikannya sebagai titik balik menuju kesuksesan. Kesuksesan harus diawali dengan memiliki ambisi (yang baik) dan berupaya secara sungguh-sungguh untuk menggapainya. Orang yang sukses adalah orang yang senantiasa berani menghadapi tantangan, memunculkan ide-ide kreatif meskipun berisiko, dan berani mengambil resiko dari setiap keputusan yang diambil.

Di sesi akhir acara motivasi, motivator mengajak peserta Rabuan yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan untuk merenung dan memikirkan apakah sudah bekerja secara maksimal dan memanfaatkan seluruh jam kerja yang tersedia. Ternyata terdapat banyak hal atau kegiatan yang dapat mengurangi efektifitas seseorang di dalam waktu kerja dan menjadikan setiap orang untuk meninjau kembali kinerjanya selama ini. Semoga ke depan setiap civitas Departemen AFF bekerja dengan semakin baik dan profesional.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *