Mahasiswa Program Doktor IFO memperoleh RISTEK-MTIC AWARD 2012

Ristek_MTIC_2012_IFO

Dodi Darmakusuma, mahasiswa program Doktor Ilmu-Ilmu Faal dan Khasiat Obat (IFO) Sekolah Pascasarjana IPB yang juga merupakan staf dosen UNDANA, telah berhasil memperoleh RISTEK-MTIC Award 2012 sebagai pemenang kedua dengan makalah berjudul Pengembangan Ekstrak Bebarapa Tumbuhan Kosmetik Tradisional Indonesia sebagai Kandidat Bahan Aktif Anti-Photoaging. Perhargaan diberikan pada rangkaian peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-17, pada 11 Agustus 2012, di Bandung.

Makalah merupakan bagian dari penelitian disertasi pada Program Doktor IFO yang dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor dan Laboratory for Cutaneous Aging Research, Department of Dermatology, College of Medicine, Seoul National University, Seoul, Korea Selatan, Penelitian ini dilaksanakan dibawah bimbingan Prof. Ir. Wasmen Manalu, PhD (IPB), Prof. Ir. Frans Umbu Datta, M.App.Sc, PhD (UNDANA), Prof. drh. Agik Suprayogi, M.Sc, PhD (IPB), dan Dra. Nastiti Kusumorini, PhD (IPB).

Penelitian bertujuan memperoleh kandidat bahan aktif Anti-Photoaging dari beberapa tumbuhan kosmetik tradisional Indonesia. Tumbuhan kosmetik tradisional Indonesia tersebut antara lain Temu Putih (Curcuma zedoaria), Temu Giring (Curcuma heyneana), Temu Ireng (Curcuma aeruginosa roxb) dan Ki Urat (Plantago major). Manfaat komersial yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah dihasilkannya suatu kandidat produk bahan aktif Anti-Photoaging yang sangat diperlukan dalam pengembangan produk kosmetik Anti-Photoaging yang bersumber dari bahan asli Indonesia.

Hasil penelitian menunjukan bahwa ekstrak etanol tumbuhan kosmetik tradisional Indonesia tersebut pada konsentrasi 100 ppm layak dijadikan kandidat bahan aktif Anti-photoaging karena memiliki potensi aktivitas penghambatan pembentukan MMP-1 dan potensi aktivitas penghambatan melanogenesis. Kelayakan sebagai kadidat bahan aktif Anti-photoaging didukung oleh adanya aktivitas antioksidan dari bahan tersebut.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *