Indonesia memiliki keanekaragaman sumberdaya hayati yang berlimpah yang dapat dieksplorasi dan dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia dengan memperhatikan aspek keberlanjutan dan kelestariannya. Untuk melakukan eksplorasi dan identifikasi perlu dukungan ilmu dan teknologi guna menghimpun data dasar biologis yang akurat dan komprehensif.

Dalam rangka menjawab kebutuhan dan tantangan tersebut di atas, Departemen Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi FKH IPB menawarkan program studi pascasarjana tingkat magister sains (S2) dalam bidang ilmu Anatomi dan Perkembangan Hewan (PS APH). Sejauh ini PS APH merupakan satu-satunya program studi sejenis di Indonesia.

Magister lulusan PS APH mampu menganalisis berbagai permasalahan yang berkaitan dengan eksplorasi dan pemanfaatan sumberdaya hayati. Analisis dilakukan melalui kajian struktur, fungsi dan proses perkembangan sistem tubuh pada berbagai level organisasi hewan mulai dari tingkat satu sel sampai tingkat pembentukan organ tubuh, berikut proses perekayasaannya. Magister PS APH adalah pakar yang mampu berperan secara profesional dalam berbagai bidang antara lain: biomedis (kloning, sel punca/stem cell, terapi sel, transplantasi sel/jaringan), industri bahan biologis/bioproduksi (identifikasi dan karakterisasi bahan bioaktif pada sel/jaringan), serta bidang lainnya termasuk produksi dan rekayasa embrio