4th Congress of the Asia Pacific Initiative on Reproduction, ASPIRE 2012

Aspire_16

Tiga puluh dua tahun yang lalu terjadi ‘Revolusi Teknologi Reproduksi’ dengan keberhasilan kelahiran Louise Brown, bayi pertama yang lahir dengan teknologi Fertilisasi In Vitro. Keberhasilan ini bukan hanya terjadi semata karena intervensi teknologi melainkan juga dapat menolong 4 juta pasangan yang belum dikaruniai anak. Dibalik kesuksesan tersebut adalah nama Prof. Robert Edwards yang baru mendapatkan Nobel Prize setelah 32 tahun keberhasilannya.

Upaya memberikan pelayanan yang aman dengan intervensi teknologi reproduksi, telah terbentuk beberapa asosiasi profesi besar yang tergabung berdasarkan area seperti: European Society of Human Reproduction and Embryology (ESHRE) dan American Society for Reproductive Medicine (ASRM). Kemajuan teknologi reproduksi di negara-negara Asia Pasific menjadi tantangan terbentuknya Asia Pacific Initiative on Reproduction (ASPIRE) pada tahun 2001.

Kongres ASPIRE ke-4 telah dilakukan di Osaka pada tanggal 30 Agustus sampai 2 September 2012 dengan tema ‘Adventure for A New Paradigm’. Pada kongres kali ini dihadiri oleh lebih dari 30 negara, termasuk Indonesia. Peserta dari Indonesia ada sekitar 75 orang yang terdiri dari klinisi, perawat, embryologist, psychologist dan peneliti yang bergabung untuk berbagi pengetahuan dibidang pelayanan infertilitas. Salah satu staf Departemen Anatomi, Fisiologi dan Farmakologi, Fakultas Kedokteran Hewan, Prof. Arief Boediono, PhD berkesempatan hadir sebagai peserta aktif pada Kongres ASPIRE 2012 tersebut.

Bersama delegasi Indonesia yang lain, pada acara tersebut Indonesia mengikuti ‘bidding’, kompetisi untuk pelaksanaan ASPIRE ke-6 tahun 2016, dengan pesaing yang cukup kuat adalah kontingen Malaysia. Hasil dari sidang terbuka anggota ASPIRE memutuskan ASPIRE ke-6 tahun 2016 akan dilaksanakan di Jakarta. Kami mengundang kepada segenap pelaku dan peneliti di bidang reproduksi untuk dapat mempersiapkan diri berpartisipasi aktif pada Kongres ASPIRE 2016 di Jakarta.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *